• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

Sabtu, 04 Agustus 2018

Bergerak Menuju Mandiri dan Madani


SDM (Sumber Daya Manusia) RTIK (Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi) Indonesia ini beragam latar belakangnya, ada yg dari sekolah menengah, sekolah tinggi, pesantren, komunitas, pemerintahan, perusahaan, dan lain sebagainya. Memperhatikan hal tsb, aktivitas dalam daur hidup layanan RTIK bisa disesuaikan dgn latar belakang SDM RTIK, apakah dgn kepentingan pekerjaannya atau kepentingan organisasi yg menaunginya. Seperti misalnya aktivitas RTIK kampus harus disesuaikan dgn tridharma. 

Walau demikian, tahapan wajibnya harus diikuti seragam nasional (standar). Sekumpulan aktivitas yg beragam itu dikelompokan dlm sejumlah tahap daur hidup layanan RTIK, yang meliputi : pendaftaran, pelatihan, pelayanan, dan evaluasi. 

Setiap tahapan diupayakan agar menghasilkan dokumen keluaran yg tersimpan rapi utk kemudahan akses dan dapat diakses oleh pengguna yg diberi hak akses kapanpun dan di manapun. Dokumennya meliputi :
  1. Pendaftaran : Form Pendaftaran dan Kontrak Pelayanan (1-2 bulan atau 1 thn);
  2. Pelatihan : Berita acara dan presensi (7-14 materi dasar);
  3. Pelayanan : Proposal program; dan
  4. Evaluasi : Laporan akhir & sertifikat / piagam penghargaan

Ribet? Tentu saja iya bagi kita yg masih ingin mempertahankan organisasi dlm kondisi inisiasi terus, yakni tradisional dan tdk modern. Dokumentasi yg dpt diakses sepanjang waktu oleh penggunanya merupakan salah satu syarat kenaikan kondisi dari inisial menjadi mandiri. Masih ada jenjang terakhir yg harus dicapai, yakni Madani di mana kita punya ruang simpan cadangan sebagai bagian dari pengelolaan resiko.

Di tangan RTIK Leaders dan anggotanya lah RTIK yg menginjak 7 thn ini akan bergerak menuju modern (mandiri & madani) atau tdk. Dan yg menggerakannya bukan sebatas founder, tetapi seluruh SDM yg memiliki ruang pembuatan keputusan pada tk nasional, wilayah, cabang, hingga komisariat.

0 komentar:

Posting Komentar

LAYANAN

Pengembangan Sumber Daya Manusia